14 Agu 2013

Karangan lamaku waktu kls 5 SD :)


50 besar Children Helping Children (Tupperware)
Pandai Harapanku
Hai teman-teman, namaku Prasetyaning Jati.Biasanya aku dipanggil teman-temanku Tya.Aku kelas V, SDN 02 Bejen Karanganyar. Di sekolah, mungkin semua guru kenal dan kebanyakan sangat akrab denganku. Aku senang bersekolah di sana, karena banyak temannya, gurunya baik-baik, dan prestasi yang diraih SD-ku juga banyak.
Aku juga sangat senang karena dari kelas satu alhamdulillah aku mendapat ranking 1 terus. Banyak temanku yang tanya ke aku, gimana caranya biar bisa pintar? Saat teman-temanku tanya seperti itu aku bingung menjawabnya, aku jawab aja kalau harus rajin belajar, rajin beribadah, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
Aku yakin dan sadar bahwa di luar masih banyak orang-orang yang lebih pintar daripada aku. Entah itu siapa, dimana dan bagaimanapun keadaanya. Sampai saat ini aku juga masih heran, mengapa aku bisa pintar ya? Padahal aku termasuk anak yang jarang bahkan malas belajar.Aku belajar kalau ada ulangan, PR, dan kalau mau lomba saja. 
Sekarang aku sudah kelas lima. Beban yang harus aku tanggung begitu besar. Aku harus memenangkan banyak perlombaan. Kelas lima ini, banyak lomba-lomba yang aku harus tempuh. Lomba yang pertama kali aku ikuti adalah Lomba Cerdas Cermat tingkat Kec.Karanganyar. Lomba itu akan dilaksanakan tanggal 9 Pebruari 2012. Seminggu sebelum lomba, aku diberitahu oleh guruku yang bernama, Bu Antonia Mustini, atau lebih dikenal dengan nama Bu Nia. Dalam waktu seminggu itu aku harus belajar dengan giat agar mendapat juara 1.Aku merupakan juru bicara untuk lomba itu.Aku belajar dengan temanku yaitu, Intan, Dito, dan Wisnu.Bersama ketiganya aku belajar bersama. Teman-temanku yang lain libur sekolah tapi aku harus masuk untuk mendapatkan pembinaan. Satu hari sebelum lomba dilaksanakan,aku dan teman-temanku dibina dengan kakak kelasku yang dulu juga mengikuti lomba yang sama denganku. Malam harinya aku ke rumah Bu Nia untuk membicarakan tentang siapa saja yang akan dipilih untuk lomba itu. Ternyata yang dipilih adalah aku, Intan, dan Dito.
Hari yang aku tunggu datang juga, Bu Nia memberitahu kepada Wisnu bahwa Wisnu tidak dipilih untuk maju lomba. Tetapi Wisnu akan diikutsertakan dalam lomba yang lain. Sebelum berangkat ke tempat tujuan, aku dan teman-temanku berdoa terlebih dahulu agar diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Aku berjanji aku dan eman-temanku akan memberikan yang terbaik untuk sekolah kita. Saat lomba dimulai, aku, Intan, dan Dito mengerjakannya dengan penuh kecermatan. Kita berharap kita akan lolos ke babak selanjutnya. Setelah pengumuman, ternyata apa yang kita harapkan tercapai. Kita lolos ke babak selanjutnya.Masih ada dua babak lagi.Kita harus menempuh satu babak agar kita bisa mengikuti babak LCCnya.Aku dan teman-temanku mengerjakan soalnya dengan penuh harapan.Bu Nia menunggu di luar.Setelah selesai, tinggal menunggu pengumuman.Kita menunggu sambil makan.Pengumuman selesai dibacakan, alhamdulillah kita semua berhasil dan maju ke babak LCC selanjutnya.Sambil menunggu persiapan LCC, aku berdoa semoga bisa memberikan yang terbaik.Setelah semua di mulai, mendapatkan undian regu B. kita semua menjawab pertanyaan dari juri dengan sebaik mungkin dan akhirnya kita bertiga bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah kita dengan mendapat juara I. Kita mewakili kec.Karanganyar untuk maju ke Kabupaten. LCC di Kab. Karanganyar berlangsung pada 22 Pebruari 2012.Tetapi saat itu kita bertiga belum bisa memberikan yang terbaik karena saat itu kita mendapat juara 2.
Kekalahan itu tidak membuat aku menjadi putus asa, aku tetap harus melihat ke depan tidak perlu melihat ke belakang. Yang lalu biarlah berlalu.Lomba yang aku ikuti selanjutnya adalah lomba siswa berprestasi.Sekolah mengajukan aku dan Wisnu untuk mewakili sekolah.Alhamdulillah kita berdua bisa memberikan yang terbaik yaitu kita mendapat juara I semua baik putra maupun putri.
lomba yang aku ikuti berikutnya adalah olimpiade matematika tingkat kec.Karanganyar.Sedangkan Wisnu mendapat kesempatan untuk mengikuti olimpiade IPA.Setelah belajar dengan giat, aku akhirnya bisa mendapatkan juara 2.Tetapi Wisnu tidak mendapatkan juara.Mungkin ini belum kesempatannya Wisnu untuk menjadi juara.
Aku lebih senang, karena aku dan kelima belas temanku akan mewakili sekolah untuk tampil di salah satu acara TV, yaitu di TATV. Akhirnya kita semua tidak mengecewakan sekolah, karena kita mendapat juara I. Aku sangat berterimakasih kepada Allah SWT, karena telah memberikan ridho-Nya kepadaku untuk menjadi anak yang bisa membanggakan semua orang di sekitarku.
            Selama liburan, aku terus belajar soal-soal olimpiade matematika untuk menghadapi olimpiade matematika tingkat Kab.Karanganyar.Selain itu, aku juga mengikuti Try Out yang diselenggarakan oleh Primagama.Alhamdulillah, lagi-lagi aku mendapatkan juara I, walaupun aku mengikuti Try Outnya itu hanya asal-asalan. Ini bukanlah try out yang aku ikuti pertama kalinya. Tetapi aku pernah mengikuti try out di GO dengan mendapat juara I juga dan di LCC aku mendapat juara II. Semoga aku bisa memenangkan lomba mengarang ini untuk menambah prestasiku. Dan selain itu aku ingin  menambah koleksi pialaku di rumah serta dengan uang yang diberikkan bisa untuk membeli sepeda, karena aku ingin membeli barang yang aku butuhkan dengan uang hasil kerja kerasku sendiri.
Aku akan memberikan tips-tips sedikit untuk teman-teman supaya bisa menjadi lebih pintar, karena sebenarnya tidak ada orang bodoh di dunia ini, tetapi hanya ada orang yang malas dan rajin. Tips-tipsnya yaitu selalu belajar dengan giat, tettapi tidak perlu memaksakan.Yang kedua harus meperhatikan dengan cermat jika guru sedang menerangkan.Yang ketiga selalu berdoa dan tidak pernah putus asa, dan yang terakhir harus melakukan hal-hal yang bermanfaat. Kalau kita berada di atas dengan segala hal yang kita punya, kita tidak boleh sombong, karena jabatan, kekayaan, percintaan, semua yang ada di dunia ini gak abadi, so, jangan sombong kawan :D Bangga akan kelebihan boleh yang penting tidak berlebihan, namun kita harus sadar akan kekurangan kita. :) itulah prinsip hidupku :D
Aku ingin menjadi yang terbaik.Aku tidak mau mengecewakan tetapi aku ingin membahagiakan orang di sekelilingku. Semoga apa yang aku harapkan bisa menjadi kenyataan yang harus aku capai. Aku mempunyai sebuah cita-cita yaitu aku ingin menjadi dokter mata.Aku ingin menjadi dokter mata karena aku ingin mendirikan suatu lembaga kemasyarakatan yang menangani masalah mata dengan gratis bagi orang yang tidak mampu.Semoga cita-citaku ini bisa tercapai dengan prestasi yang telah aku raih.Aamiin.
ini adalah kisahku, aku senang memiliki teman, keluarga, guru, dan orang-orang yang berada di sekitarku dan sayang kepadaku.Terimakasih semuanya atas do’a, ridho, dan yang telah kalian beri kepadaku, khususnya untuk orang tuaku.Terimakasih Ya Allah atas segalanya. :-)

0 komentar:

Posting Komentar